Harga 2014
verza spoke 17.650.000 dp mulai3.700.000 belum dipotong subsidi dan verza cw mulai 18.500.000 dp mulai 4 jutaan belum dipotong diskon
Bro dan sis sekalian….motor murah identik dengan kualitas. Material tipis atau beberapa rasa ketidak percayaan yang menjadikan mindset pribadi tergiring untuk meremehkan. Dan itulah yang sempat menyerang IWB sebelum mencicipi langsung motor berbanderol 16jutaan tersebut. Namun setelah usai melakukan riding dalam berbagai kondisi…..opini tersebut langsung berubah total!….
Ergonomi Riding & Style
Posisi duduk Verza150 tulen merupakan
motor turing. Duduk tegak tangan cukup rileks memegang stang yang
termasuk tinggi. Uniknya…posisi jok perasaan rada tinggi dibanding NMP.
Yah…memang tidak terlalu mengganggu sih sebab masih masuk dalam batas
toleransi biker bertinggi 165cm sekalipun. Anyway…..dashboard depan
terlihat simpel. Bisa jadi dikarenakan konsolnya yang sederhana tidak
neko-neko. Awalnya sih kurang nyaman tapi lama-lama terbiasa. Gimana
nggak ganjel brosis….pergerakan puntiran gas tidak termonitor ketika gas
dibetot. Jadi semua hanya berdasarkan feeling semata. Btw….dengan
ergonomi riding yang disodorkan….berkendara diperkotaan nyaman tenan.
Menekuk kemudi begitu mudah serta lincah. Sisi ini menjadi nilai jual
bagi sampeyan yang suka dengan riding style turing murni….
Build quality/kualitas finishing
Jangan mengira mentang-mentang murah maka
finishing sembarangan. Verza150 tidak!!. Untuk ukuran motor 16
jutaan….build quality nyaris tidak kalah dibanding kakaknya NMP. Bedanya
hanya lebih simpel atau sederhana khususnya lekuk-lekuk tiap detil
desainnya. Monggo amati pelk, tanki, frame, lampu sein, knalpot,
crankcase engine…merupakan common part sport yang sudah dulu eksis.
Mungkin hanya bagian dashboard speedo yang terlihat rada “cheap” atau
murahan. Begitu juga beberapa material dibagian kuping headlamp, serta
shroud yang lentur terkesan tipis. Selebihnya….tidak ada complaint!.
Engine & Perfomance
Sebagai motor komuter entry level,
karakter Verza 150 lebih ke torqy. Kala distarter….mesin halus serta
suara knalpot yang keluar ngebas mirip dengan NMP. Yang paling terasa
adalah vibrasi. Yup…kini rata-rata sport Honda sudah mengalami
peningkatan signifikan dalam hal minimnya getaran distang. Penyakit yang
sering kita jumpai pada generasi mesin GL seperti Tiger serta Megapro
tidak kita jumpai pada Verza150. Levelnya hampir setara dengan CB atau
NMP. Bisa jadi akibat seal mounting stang yang dipasang disegitiga
tengah. Manuver ini ternyata cukup efektif meredam getaran agar tidak
mengalir kestang total. Terus piye dengan performa??….
Gear satu dan dua liar. Waktu IWB test
selip kopling….tendangan accelerasi termasuk mantap. IWB yakin motor ini
mempunyai climbing ability diatas rata-rata. Dengan torsi
12,7NM@6000RPM…..tidak perlu kailan RPM tinggi untuk memperoleh tenaga
yang diinginkan. Hal ini sangat penting mengingat peracikan sikuda besi
adalah untuk heavy duty bike purposes. Jadi mau sampeyan ngangkut barang
berat Verza bakal melayani dengan santai. Anyway….saat pengetasan,
power Verza sudah mulai berat untuk menggapai 100km/jam…..dengan speed
terbaik 110km tanpa nunduk ditanki. Not bad at all untuk ukuran
motor 16jutaan. Apalagi dengan teknologi PGM FI…..fuel efficiency
menjadi strength point tak terelakkan (klaim pabrikan 1:48km)
Ride and handling
Nah….ini nih yang menarik mzbro. Ketika
kita sudah membicarakan species sport….sensasi yang ditawarkan memang
jauh berbeda dibanding bebek ataupun matic. Keantengan melibas jalanan
pada high speed dan cornering tetap terjaga dengan baik. Bahkan
kestabilan tidak kalah dibanding NMP sekalipun. Kemudian karakter
suspensi. Tidak seperti generasi dual shock sport sebelumnya….secara
feeling IWB merasa karakter Verza150 rada keras/stif. Efeknya malah
positif sebab buat rebahan ataupun melibas jalanan pada kecepatan tinggi
motor tetap anteng. Tekukan stang juga ringan sehingga sampeyan tidak
bakal kedodoran untuk nyalip-nyalip dikeramaian lalu lintas.
Anyway….improvisasi yang patut diapresiasi!
Braking/pengereman
AHM membekali rem depan cakram dua
piston serta belakang tromol. Wah….nggak pakem dong??. Tidak terbukti.
Prediksi tersebut meleset sebab secara presisi respon braking termasuk
jempolan. Melaju dikecepatan 100km/jam……tarik tuas rem depan dan
diimbangi rem belakang…..bobot 129kg bisa dikendalikan secara sempurna.
Jujur…..tromol Verza150 tidak kalah dibanding double disk brake NMP
sekalipun. Malah…ketika sama-sama digeber, rem Verza lebih mampu
memberikan reaksi dibanding gen Dazzler. Perbedaan 7 kg ternyata
menjadikan pressure G-Force lebih minim mendera Verza. Tidak
heran…kendati hanya tromol, braking point bisa bejaban melawan double
disk brake…
Kesimpulan
Kita harus fair menilai produk dari
kelasnya. Jangan samakan CB atau beberapa kelas mid level lain. Dan
secara jujur…..Verza150 melebihi ekspetasi untuk motor 16jutaan. Bisa
IWB katakan…..sport AHM ini murah namun tidak murahan. Sebuah tekanan
berat bagi kompetitor jika tidak hati-hati. Dibalik kekurangan yang
ada…..seperti pelitnya indikator speedometer, dualshock, serta rem
teromol…..Verza150 susah dicari celanya. Irit, tarikan mantap, handling
stabil serta desain fresh. Tinggal bagaimana Honda mampu
mengkomunikasikan kelebihan sikuda besi kepada calon potential buyer
mereka. Verza 150??. Recommend to buy untuk kelas entry level bro…..(iwb)
Spesifikasi Honda Verza150
- Panjang X lebar X tinggi : 2.056 x 742 x 1.054 mm
- Jarak Sumbu Roda : 1.318 mm
- Jarak terendah ke tanah : 156 mm
- Berat kosong : 129 kg
- Tipe rangka : Diamond Steel
- Tipe suspensi depan : Teleskopik
- Tipe suspensi belakang : Suspensi Ganda
- Ukuran ban depan : 80/100 – 17 M/C 46P (Tubless)
- Ukuran ban belakang : 100/90 – 17 M/C 55P (Tubeless)
- Rem depan : Cakram Hidrolik, dengan Piston Ganda
- Rem belakang : Tromol
- Kapasitas tangki bahan bakar : 12,2 liter
- Tipe mesin : 4-Langkah, SOHC, Silinder Tunggal
- Diameter x langkah : 57,3 x 57,8 mm
- Volume langkah : 149,2 cm3
- Perbandingan Kompresi : 9,5 : 1
- Daya Maksimum : 9,72 kW (13,2 PS)/ 8.500 rpm
- Torsi Maksimum : 12,7 Nm (1,29 kgf.m)/ 6.000 rpm
- Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 1,0 Liter pada Penggantian Periodik
- Kopling Otomatis : Manual, Multiplate Wet Clutch
- Gigi Transmsi : 5-Kecepatan
- Pola Pengoperan Gigi : 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5
- Starter : Starter Kaki & Starter Elektrik
- Aki : 12V – 3,5 Ah
- Busi : NGK CPR9EA-9
Tidak ada komentar:
Posting Komentar